Mendikbud Sebut Permasalahan Pendidikan Tanggung Jawab Pemda

Kabar Terbaru datang dari dunia pendidikan Indonesia. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menegaskan banyak urusan pendidikan yang sudah didelegasikan ke pemerintah daerah. Sayangnya, masyarakat masih menganggap urusan pendidikan tanggung jawab pusat. Simak juga Permendikbud Terkait Penilaian Hasil Belajar

Penjelasan Mendikbud Anies Baswedan Bahwa Masalah Pendidikan Tanggung Jawab Pemda

Sejak desentralisasi pemerintahan pada 2001, sebagian otoritas pendidikan dilimpahkan ke pemda. Namun yang terjadi, hingga sekarang sebagian besar masyarakat mengadukan semua masalah pendidikan ke pemerintah pusat (Kemendikbud), bukan menuntut ke pemda,” tutur Menteri Anies, Sabtu (20/2).

‎Ketidaktahuan masyarakat bahwa sebagian urusan pendidikan sudah didelegasikan kepada pemerintah daerah adalah akibat kurang maksimalnya komunikasi dan arus informasi ke publik tentang desentralisasi pemerintahan. Padahal jika masyarakat paham, maka tuntutan yang muncul dari masyarakat tidak hanya ditujukan ke pemerintah pusat, melainkan juga ke pemerintah daerah.

“Kami ingin mengedukasi publik, membangun ekosistem pendidikan. Masyarakat seharusnya juga menuntut pemerintah daerah supaya lingkungan terlibat dan mendorong peningkatan mutu pendidikan,” terang Mendikbud.

http://www.jpnn.com/read/2016/02/20/358265/Menteri-Anies:-Masalah-Pendidikan-Tanggung-Jawab-Pemda-
Mendikbud Sebut Permasalahan Pendidikan Tanggung Jawab Pemda
MENDIKBUD